Senin, 14 Oktober 2019

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Fisiknya

  Halo! jadi kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis komputer berdasarkan fisiknya.
Pasti penasaran kan? Yuk di cek!


1. Palmtop


Sebuah komputer Palmtop adalah sebuah komputer sangat kecil yang bisa Anda simpan di satu tangan dan memanipulasi dengan yang lain. Ini jenis komputer memiliki keyboard khusus atau keypad untuk memasukkan data, atau keyboard QWERTY kecil.
Nama lain untuk palmtop adalah komputer genggam, komputer saku dan PDA. Fitur utama dari komputer ini adalah bahwa mereka kecil, ringan, menarik daya dari baterai dan dimaksudkan untuk penggunaan umum. Masukan mereka termasuk keyboard mesin tik dan output terdiri dari display, LCD kecil penuh warna.
Contoh dari komputer jenis ini adalah  NEC MobilePro 900c


2. Subnotebook


Subnotebook adalah notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Ukuran notebook umumnya 14-15 inch. Subnotebook kisaran layarnya antara 10-13 inch. Atau sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya. Bentuk gambarnya mirip dengan Netbook. Subnotebook dapat dikatakan pula merupakan komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive. Dapat dikatakan bahwa subnotebook adalah notebook mini. Subnotebook masih menggunakan standar mikroprosesor mobile sama seperti yang digunakan oleh notebook-notebook umumnya. Contoh subnotebook yang telah beredar di pasaran adalah Asus Eee PC, Classmate PC, HP MiniNote, dan Sony Vaio. Kelemahan utama subnotebook terletak pada kebutuhan dayanya yang dirasakan masih cukup besar, serta timbulnya panas yang berlebihan yang dikeluarkan oleh prosesor saat sedang aktif bekerja. Subnotebook dapat menjadi lebih bagus bila menggunakan mikroprosesor, chipset, media simpan/storage dan komponen-komponen lainnya yang hemat energi.
Contoh dari Subnotebook yaitu Sony VAIO model C1 subnotebook
  
3. Notebook


Notebook merupakan komputer yang ukurannya kira-kira hanya sebesar buku kuarto dengan berat sekitar 4 sampai 6 Kg . Notebook lebih familiar dengan sebutan Laptop atau komputer lipat karena memang didesain untuk dilipat . walaupun komputer ini merupakan versi simple dari komputer desktop dan PC , namun dalam sisi kinerjanya tidak kalah gesit , karena rata-rata notebook sekarang memiliki prosesor Dual Core bahkan lebih . namun dengan desain seperti ini pun membuat notebook ini tidak tahan banting.
Contoh dari notebook yaitu Acer Aspire 4750-2312G50Mn


4. Portable



Portable yaitu jenis komputer yang dapat dibawa kemana-mana bahkan sering disebut komputer lapangan karena dulu sering digunakan untuk pemakaian dilapangan , misalnya oleh insinyur atau peneliti . komputer ini kurang terkenal karena sebagian orang mengatakan merepotkan , berat dan relatif besar .  juga karena komputer ini komputer desktop yang bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja , alhasil beratnya pun hampir sama dengan CPU sebuah personal komputer . Untuk jaman sekarang ,peran komputer portable telah tergantikan dengan Notebook atau Laptop karena lebih sesuai dengan kata portable.
Contoh dari Komputer jennis Portable yaitu Commodore SX-64


5. Desktop



Komputer meja (bahasa Inggrisdesktop computer atau cukup desktop saja) adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabelPeriferal-periferal komputer meja seperti tampilan komputerCPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang terintegrasi dan berukuran kecil). Komputer meja merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan. Namun seiring berkembangnya teknologi komputer desktop ini sudah dikatakan ketinggalan jaman, karena kurang praktis. Komputer Desktop (komputer meja) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini dulunnya paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang kita pakai atau difasilitasi oleh sekolah sekarang ini adalah jenis desktop.
Contoh dari komputer jenis Desktop yaitu Macintosh II
  

6. Tower



Tower merupakan jenis komputer yang dalam ukurannya relatif merepotkan karena ukurannya relatif besar . komputer ini biasanya diletakkan disaming atau dibawah meja karena ukurannya yang bongsor . Namun kebongsorannya bukan tanpa alasan karena komputer jenis ini memiliki Expansion Slot (tempat untuk memasang card/perangkat tambahan), sehingga bisa dikembangkan bahkan melebihi jenis Desktop.
Contoh Dari komputer Jenis Tower yaitu Mac Pro tower case



Tidak ada komentar:

Posting Komentar